Pemanfaatan Metode Kunjungan

Tanggal kunjungan: Desember 2011
Pemanfaatan Metode Kunjungan Dalam Pembelajaran Matematika

Pengantar

Sering kali, ada murid yang menganggap Matematika adalah pelajaran yang sulit bahkan sebelum mencobanya. Selalu beranggapan bahwa dan menjadikan Matematika sebagai momok yang harus dihindari. Atau bahkan ada yang berpikiran kalau “Matematika hanya untuk anak-anak yang pintar”. Padahal jika ditinjau lebih lanjut, hal itu tidak seperti anggapan semua orang. Memang dari luar terlihat kalau Matematika itu susah. Lebih banyak rumus dan hitungan. Namun apakah berbeda dengan Kimia, dan Fisika? Bukankah kedua mata pelajaran itu juga mempunyai banyak rumus dan hitungan? Bukankah pelajaran Matematika justryu adalag dasar dari kedua pelajaran itu?

Karena Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang susah dan sulit dimengerti inilah, hendaknya para pengajar dan pendidik menyusun sistem pengajaran yang memungkinkan anak didiknya untuk menyukai pelajaran ini.

Pemanfaatan Metode Kunjungan

Di Bandung, ketika berkunjung ke Museum Geologi, saya menemukan hal yang cukup menarik. Tentu. Dilihat dari namanya saja sudah Museum Geologi Bandung. Isi di dalamnya pasti tidak jauh dari fosil, struktur batuan, manusia purba dan gambar-gambar pra-sejarah lainnya. Namun bukan itu intinya. Di museum, para pengunjung diajak untuk melihat apa saja yang terjadi dengan bumi ini. Bagaimana bumi terbentuk dah dihuni oleh makhluk-makhluk purba semacam Dinosaurus, dan mamalia purba. Mengetahui tentang teori-teori asal muasal bumi sampai bagaimana makhluk bersel satu ada dan berkembang seperti sekarang. Semua itu diceritakan melalui maket-maket dan juga alat peraga lainnya. Pengunjung bahkan bisa melihat secara langsung fosil-fosil makhluk purba dan batuan-batuan penyusun bumi. Kemudian di akhir kunjungan pengunjung diajak untuk menonton film berdurasi 15-30 menit mengenai bumi dan perubahan di dalamnya.

Terpikir oleh saya, bagaimana seandainya jika pelajaran Matematika yang diberikan di sekolah dibuat menjadi semenarik ini? Tanpa harus hanya diam di kelas dan mendengarkan pendidik berkutat dengan angka-angka dan rumus di papan tulis? Bukankah hal itu terasa sangat membosankan? Tidakkah anak didik menjadi cepat jenuh?
Memang, belajar di dalam kelas adalah hal yang wajar. Bahkan kelas adalah tempat wajib di mana kegiatan belajar mengajar itu berlangsung. Namun sekali-kali hendaknya peserta didik diajak untuk pergi ke tempat-tempat yang berhubungan dengan pendidikan yang berlangsung agar menambah pengetahuan peserta didik tersebut. Bukankah belajar tidak harus selalu dilakukan di dalam kelas?

Metode Kunjungan dapat dipakai sebagai sebuah bentuk pembelajaran yang lain. Siswa diajak pergi ke tempat yang berhubungan dengan mata pelajarannya. Di sana mereka akan mendapat pengalaman dari apa yang mereka lihat dan dengar. Dan pada akhir kunjungan, pendidik dapat menyuruh anak didiknya mengumpulkan laporan berkaitan dengan kunjungan tersebut; entah dalam bentuk makalah atau hanya sekadar tulis tangan. Atau bahkan menyuruh mereka menceritakan apa yang mereka lakukan di sana. Tidak sulit tentu saja.

Kendalanya adalah, tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi agar berkaitan dengan pelajaran Matematika. Kebanyakan tempat lebih menyediakan materi tentang sains (Fisika, Kimia dan Biologi) dan tidak memfokuskan ke Matematika saja. Karena hal itulah pendidik kemungkinan tidak banyak bisa mengajak anak didiknya untuk mengunjungi tempat-tempat semacam itu.

Mungkin ke depannya, para pendidik bisa memikirkan suatu tempat yang bisa digunakan untuk membuat pelajaran Matematika tidak terasa menakutkan bahkan sebelum anak didik mencobanya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: